FAHMI, Nur; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK FISIK DAN DAYA TERIMA KUE BARUASA DENGAN SUBTITUSI TEPUNG MOCAF UNTUK PMT IBU HAMIL DI KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS


MOCAF adalah produk tepung dari ubi kayu yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu secara fermentasi. Mikroba yang tumbuh menyebabkan perubahan karakteristik dari tepung yang dihasilkan berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik fisik dan daya terima Kue Baruasa dengan subtitusi tepung MOCAF untuk PMT ibu hamil di Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel adalah Kue Baruasa subtitusi tepung MOCAF dengan konsentrasi 100%, 75%, 50% dan 0%. Panelis daya terima terdiri atas 35 Mahasiswa dan 10 Ibu hamil. Penelitian dilakukan di laboratorium pangan Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi, Laboratorium Politeknik Negeri Ujungpandang dan Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Data dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis dengan tingkat kepercayaan 95%, kandungan gizi dianalisis menggunakan aplikasi Nutrisurvey 2007 dan karakteristik fisik dianalisis menggunakan alat teksture analyzer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekerasan yang paling rendah terdapat pada Kue Baruasa dengan konsentrasi 75%. Tidak terdapat perbedaan warna pada keempat kelompok sampel tersebut (p=0,434). Terdapat perbedaan rasa pada keempat kelompok sampel tersebut (p=0,010). Terdapat perbedaan aroma pada keempat kelompok sampel tersebut (p=0,010). Terdapat perbedaan tekstur pada keempat kelompok sampel tersebut (p=0,009). Kandungan gizi Kue Baruasa MOCAF lebih rendah dari kandungan gizi biskuit PMT ibu hamil yang didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan.
Disarankan bahwa Kue Barusa subtitusi tepung MOCAF 50% mendapat penerimaan lebih baik oleh panelis dan kandungan gizi Kue Baruasa tersebut masih perlu ditingkatkan agar dapat mencapai standar PMT untuk ibu hamil.
FAHMI, Nur
FAHMI, Nur - Personal Name
2017
SKR2017 FAH k
2017
Karya Tulis Ilmiah
Indonesia
Poltekkes Makassar Jurusan gizi
2017
Makassar
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FAHMI, Nur. (2017).KARAKTERISTIK FISIK DAN DAYA TERIMA KUE BARUASA DENGAN SUBTITUSI TEPUNG MOCAF UNTUK PMT IBU HAMIL DI KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd